Taman Wisata Tirta Sanita Gunung Kapur, Ciseeng, Bogor


KETIMBANG jauh-jauh ke Puncak Bogor atau harus mengeluarkan banyak uang ke Taman Impian Jaya Ancol, mengisi liburan di Taman Tirta Sanita yang terletak di Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor, agaknya layak dipertimbangkan untuk menjadi sasaran selesai pekan nanti.

Lokasinya nggak jauh kok. Kalau dari Jakarta jaraknya hanya sekitar 30 kilometer bila ditempuh melalui Jalan Raya Ciputat dan hingga Pasar Parung mengambil jalan ke kanan arah ke Bojong Indah. Sedangkan dari Tangerang hanya sekitar 15 km melalui Jalan Raya Serpong. Nah, kalau dari sentra kota Bogor jaraknya hanya sekitar 20 km.


 Apa yang sanggup kita nikmati di Tirta Sanita? Sekarang sudah bertambah banyak sarana rekreasi yang sanggup dinikmati di sini. Selain yang utama ialah mandi di bak air panas sulfur yang bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan dan penyembuhan aneka macam jenis penyakit kulit, juga tersedia outbond serta wahana untuk mengatakan kegembiraan bagi anak-anak.

Berbagai kemudahan outbond sudah tersedia, antara lain jembatan tali dan flying fox sepanjang kurang lebih 100 meter, yang melintas di atas bak ikan. Wahana untuk belum dewasa juga banyak, di antaranya balon air, kereta mini, kendaraan beroda empat senggol, gokart mini, dan sebagainya yang dijamin menciptakan belum dewasa gembira.

Dalam daerah seluas kurang lebih 8 hektar ini, juga tersedia banyak area lapangan yang sanggup dipakai keluarga untuk menggelar program makan bersama. Nggak usah repot-repot bawa tikar, lantaran cukup sewa Rp5.000 per tikar, untuk dipakai seharian. Harga tiket masuk daerah ini juga terjangkau, hanya Rp8.000 (dewasa) dan Rp6.000 (anak-anak).

Jika kita ingin menyaksikan hijaunya alam dan suasana pedesaan yang sedap dipandang mata, sanggup menaiki Gunung Kapur Ciseeng yang berada di jantung daerah ini. Sudah disediakan jalur tangga untuk didaki hingga ke puncak, di mana juga terdapat bak sumber mata air panas yang mengandung belerang. Dari puncak itulah kita sanggup menyaksikan panorama pegunungan, persawahan dan pedesaan.
Pengobatan Penyakit Kulit
Selain untuk berwisata, Taman Tirta Sanita juga layak dikunjungi lantaran mempunyai banyak bak air panas sulfur alami yang mengalir dari Gunung Kapur Ciseeng. Itulah sebabnya dulu orang lebih mengenal lokasi ini dengan nama Air Panas Ciseeng.


Selain menyediakan bak renang air panas, juga ada kamar mandi air panas bagi yang menginginkan privasi. Ada kamar mandi kecil berukuran 2×2 meter untuk atu orang yang sanggup disewa dengan harga Rp7.000 per jam dan kamar mandi VIP berkukuran 4×4 meter dengan harga sewa Rp10.000 per orang untuk satu jam.
Sumber air panas Tirta Sanita ini telah diuji oleh TEMAC Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd, yang menyatakan bahwa air panas tersebut bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk pengobatan aneka macam macam penyakit kulit, tulang, dan aneka macam penyakit lainnya. Uniknya, air panas di sini mengandung tiga unsur sekaligus yakni belerang, kapur dan garam. Selain itu, sehabis mandi air panas tidak timbul rasa lengket di kulit. Itu pula sebabnya dianjurkan untuk tidak membilas sehabis main air panas di sini, sehingga khasiatnya sanggup lebih dirasakan.

“Habis mandi air panas yang mengandung sulfur sebaiknya tubuh tidak usah dibilas. Biarkan airnya mengering sendiri di kepala dan badan. Bagus buat kesehatan dan kecantikan.” Demikian tertulis pada kertas yang ditempel di sebelah kiri sempurna di loket registrasi masuk ke pemandian.

Tips kesehatan tersebut di tulis oleh seorang Korea yang acapkali tiba mandi ke tempat pemandian air panas tersebut. Nah, Taman Tirta Sanita dikala ini sudah semakin oke. Selain tempat rekreasi ini menunjukkan aneka macam kemudahan wisata, juga menjamin adanya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, dan so niscaya biayanya terjangkau buat kantong semua lapisan masyarakat.
Akses menuju Tirta Sanita
1. Bogor - Jampang - perempatan Ciseeng kemudian ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur.
2. Bogor - Pasar Parung - Bojong Indah, kemudian ke ambil jalan kiri ke aras Gunung Kapur.
3. Depok - Sawangan - Pasar Parung - ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur.
4. Jakarta - Tol Serpong - Puspitek - Pasar Prumpung - lurus ke aras Gunung Kapur.
5. Jakarta - Pasar Ciputat - Parung - ambil jalan ke kanan menuju Ciseeng.
6. Jakarta - Pondok Cabe - Parung - ambil jalan ke kanan menuju Ciseeng.
7. Tangerang - Serpong - Puspitek - Pasar Prumpung - lurus ke aras Gunung Kapur.

Untuk isu terbaru kunjungi websitenya: www.tirtasanitahotspring.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taman Wisata Tirta Sanita Gunung Kapur, Ciseeng, Bogor"

Post a Comment