Pantai Ngobaran : Pantai Dengan Sejuta Keindahan


Objek Wisata Pantai Ngobaran - Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai diantara beberapa pantai yang berada di Kabupaten Gunungkidul yang mempunyai pesona alam yang cukup mempesona dengan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan batuan karang yang berjejer serta rumput bahari atau alga yang tumbuh di area pantai dikala air bahari sedang surut sehingga menambah kesan yang unik di wisata pantai Ngobaran.


Selain menyimpan pesona alam yang masih perawan, Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul sekitar 65 kilometer dari Kota Yogyakarta ini juga mempunyai keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas dari Pantai ini, yaitu adanya sebuah pura yang berada di ujung karang, menyerupai mirip pura yang ada di pulau Bali, di dalam Pura tersebut terdapat banyak patung-patung dewa, selain itu para pengunjung juga sanggup melihat secara pribadi keindahan bahari lepas yang begitu mempesona dari pura ini.

Nama Ngobaran berasal dari sejarah Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir Kerajaan Majapahit, yang bersamaan dengan itu Kerajaan Islam berkembang pesat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di pesisir utara pulau Jawa pada pertengahan periode ke 15 M. Suatu kenyataan salah satu putra raja Brawijaya V, yakni Raden Patah yaitu penguasa kerajaan Demak I, kerajaan yang berada di pesisir utara. Perkembangan agama Islam di pulau Jawa amat pesat, hingga hingga menyentuh sentra kerajaan Majapahit dan kemudian kerajaan Majapahit tidak sanggup dipertahankan lagi. Raja Brawijaya V bersama salah satu putranya yakni Bondan Kejawan meninggalkan kerajaaan Majapahit, berjalan ke arah barat dan hingga di suatu daerah yang amat damai, disitulah Raja Brawijaya V berserta putranya tinggal. Menurut sumber yang aku baca, sang Prabu mengambil langkah itu ditempuh yaitu melaksanakan upacara muksa alasannya yaitu tidak mau berperang melawan anaknya sendiri, Raden Patah (Raja I Demak), namun kebenaran kisah wacana Brawijaya V ini sekarang banyak diragukan oleh banyak sejarahwan. Sang Prabu dipercaya melaksanakan upacara muksa dengan cara mengkremasi diri . Kobaran api dari upacara muksa itulah yang menyebabkan nama pantai ini Ngobaran.

Akses Menuju Wisata Pantai Ngobaran
Untuk menuju lokasi Pantai Ngobaran tidaklah terlalu sulit alasannya yaitu sudah ada papan penunjuk arahnya, tapi pengunjung diperlukan harus berhati-hati alasannya yaitu jalan menuju wisata pantai nini cukup sempit dan berkelok-kelok serta naik turun. Jika anda dari jalan Jogja-Wonosari di pertigaan Gading silakan ambil jalan ke selatan arah Playen, tinggal ikuti saja jalan hingga ke pertigaan pasar Paliyan ambil kiri kemudian tidak jauh dari situ belok ke kanan dan tinggal ikuti jalan serta papan penunjuk arah ke pantai Ngobaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Ngobaran : Pantai Dengan Sejuta Keindahan"

Post a Comment