Wisata Religi Kahyangan Di Wonogiri

Wisata Religi Kayangan di Wonogiri, - Masyarakat Jawa memang sanggup dibilang unik dalam hal kepercayaannya. Meskipun sebagian besar masyarakat Jawa mengaku muslim namun aneka macam praktek berupa ritual, upacara adat, lelaku dsb masih banyak dilakukan sampai kini. Ada aneka macam tempat di Pulau Jawa yang sering dijadikan sebagai tempat ritual untuk masyarakat tertentu, salah satunya yaitu yang terdapat di Wonogiri Jawa Tengah. Tempat wisata yang akan kita bahas kali ini yaitu sebuah wisata religi terutama untuk masyarakat kejawen, yang sering dijadikan sebagai tempat ritual di kabupaten Wonogiri yaitu di Kahyangan. Sebagian orang menyebutnya dengan Kayangan.

Wisata Religi Kahyangan di Wonogiri

 Masyarakat Jawa memang sanggup dibilang unik dalam hal kepercayaannya Wisata Religi Kahyangan di Wonogiri




Tempat wisata Kahyangan merupakan sebuah tempat yang terdapat di Wonogiri di tengah hutan alam yang masih asri. Di lokasi ini nuansa mistis sangat terasa. Tempat ini mempunyai daya tarik terseniri untuk dijadikan sebagai tempat bermeditasi alasannya yaitu berdasarkan keyakinan masyarakat, Kahyangan merupakan petilasan Panembahan Senopati sebelum menjadi Raja Mataram. Pada waktu itu Danang Sutowijoyo, Nama kecil Panembahan Senopati menginginkan untuk menjadi raja di tanah jawa. Beliau lalu bertirakat, bersemedi di kahyangan tersebut. Di dalam semedinya Danang Sutowijiyo bertemu dengan Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa Pantai Selatan. Nyi Roro Kidul lalu mengadakan perjanjian dengan Sutowijoyo untuk membantu menjadi raja. Menurut kisah Nyi Roro Kidul ini hasilnya menikah dengan Sutowijoyo. Hal itu lah yang lalu menimbulkan Kerajaan Mataram yang dipimpin Sutowijoyo disegani wilayah lain di Nusantara. Kerajaan Mataram merupakan Kerajaan di tanah jawa yang bangkit sehabis Kerajaan Pajang yang dipimpin Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir mengalami kehancuran. Kerajaan mataram ini yang dikemudian hari melahirkan Kasultanan Yogyakarta dan Kerajaan Surakarta dimasa sekarang.

Kahyangan mempunyai enam bab tempat yang sudah sangat populer yaitu Sela Betek, Sela Gapit/Penangkep, Sela Payung, Sela Gilang/Pesalatan, Sela Gawok dan Pemandian Kahyangan yang tidak lain merupakan pertemuan dua arus sungai yang dalam bahasa jawa disebut dengan nama Kedung. Di dalam kedung ini lah banyak dilakukan laris kungkum oleh masyarakat yang kalau dilakukan dipercaya sanggup membantu terkabulnya segala keinginan.

Demikian tadi sekilas wacana tempat wisata religi yang terdapat di Wonogiri yaitu Kawasan Kahyangan. Terlepas dari itu semua, segala bentuk ritual yang dilakukan masyarakat merupakan hasil dari keyakinan mereka sendiri. bagi anda yang tidak percaya dengan aneka macam ritual ini cukup mempelajarinya sebagai pengetahuan. ( Baca juga : di Wonogiri )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Religi Kahyangan Di Wonogiri"

Post a Comment