10 Kawasan Wisata Di Watu Dan Malang Yang Sayang Dilewatkan

Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
Tempat Wisata di Batu dan Malang - Apakah yang terlintas di pikiran Anda pada ketika mendengar kata Malang? Apakah udaranya yang cukup sejuk? Malang berlokasi di daerah sekitar pegunungan, yang menyebakan udaranya cukup sejuk dan menjadikannya sebagai salah satu tempat tujuan wisata terfavorit di Jawa Timur.

Kota malang identik dikenal dengan buah apel hijau yang dikenal masyarakat dengan sebutan apel Malang, walaupun bersama-sama apel tersebut berasal dari Kota Batu, sebuah kota yang letaknya 15 km sebelah barat maritim Kota Malang dan berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Memang Kota Batu dahulu merupakan penggalan dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 27 April 1993 dan pada tanggal 21 Juni 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Kota Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia alasannya yaitu potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu menciptakan wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Bersama dengan Kabupaten Malang dan Kota Malang, Kota Batu merupakan penggalan dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan sebutan Malang Raya. Oleh alasannya yaitu itulah, masih banyak yang menyampaikan Kota Batu dengan sebutan Batu Malang, walaupun bersama-sama sudah bukan lagi penggalan dari Kabupaten Malang.

Nah, jikalau Anda pernah melihat banyaknya tempat pariwisata di Batu dan Malang melalui siaran TV dan ingin berlibur ke sana, namun Anda masih resah tempat wisata manakah di Batu yang cocok untuk Anda kunjungi. Simaklah beberapa tempat wisata di Batu dan Malang berikut ini.

Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan

  1. Jatim Park I dan Jatim Park II
  2. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Jatim Park
    Jatim Park merupakan wahana serta tempat rekreasi juga taman berguru yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Ada dua tempat wisata yang berjulukan Jatim Park ini. Keduanya berada di bawah pengelolaan Jawa Timur Park Group, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Jatim Park 1 berada di Jl. Kartika No. 2 Kota Batu, yang merupakan tempat lereng timur gunung Panderman, dengan luas area mencapai 11 hektar dan posisinya di ketinggian 850m dpl menciptakan wisata menjadi lebih menyegarkan. Sedangkan Jatim Park 2 terletak di Jl. Oro-oro Ombo No.9, Kec. Batu, yang berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 14 Hektar. Perbedaanya yaitu dalam segi wahana yang lebih ditonjolkan.

    Jika di Jatim Park 1 lebih menonjolkan tempat hiburan juga bermain, sebaliknya di Jatim Park 2 lebih menonjolkan sebagai tempat belajar. Sebenarnya tidak terlalu banyak yang berbeda, yang terang kedua tempat itu merupakan tempat rekreasi dan pembelajaran yang juga telah mengangkat kota Batu sebagai tempat pariwisata di Jawa Timur yang patut diperhitungkan dan dikunjungi.

    Jatim Park 1 juga merupakan ikon dari jawa Timur dengan lebih dari 56 macam aneka permainan, yaitu ibarat kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, drop zone, 3D Ghost Haunter, dan lain-lain. Wahana bermain khususnya bawah umur juga banyak pilihannya missal mendayung (flum ride), taman bermain, sky copter, star chase, flying tornado, walking animal, kendaraan beroda empat listrik dan lain-lain.

    Jatim Park 2 mengusung konsep berguru ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai dengan habitatnya. Jatim park 2 terdiri dari Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Pohon Inn Hotel pada penggalan depan, dan masih banyak tempat yang lain, ibarat long flume, cafe istana semut, river adventure, fantasy land, safari farm, dan lain-lain.

    Harga tiket masuk ke Jatimpark 1 untuk hari biasa (Senin-Kamis) Rp. 60.000,-/orang dan untuk selesai pekan (Jumat-Minggu) liburan dan tanggal merah Rp. 80.000,-/orang. Harga tiket sanggup berubah sewaktu-waktu, dan untuk lebih jelasnya sanggup megunjungi situs resmi dari Jatim Park Grup untuk mengetahui harga tiket masuk terbaru ke Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Eco Green Park, Batu Night Spectacular dan tempat wisata lainnya yang dikelola oleh Jatim Park Group.

    Harga tiket masuk ke Jatim Park 2 yang berlaku mulai tanggal 16 Februari 2015, untuk hari biasa (Senin-Kamis) Rp. 75.000,-/orang, sedangkan untuk selesai pekan (Jumat-Minggu) liburan dan tanggal merah Rp. 105.00,-/orang. Untuk Paket Tiket Sakti, semua hari Rp. 275.000,-/orang, yang merupakan tiket masuk terusan untuk Jatimpark 1, Jatimpark 2, Eco Green Park, Museum Angkut, Museum Tubuh dan Tiket masuk Batu Night Spectacular.

  3. Eco Green Park
  4. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Eco Green Park
    Eco Green Park (EGP) masih merupakan wisata edukasi dari Jatimpark Grup yang menyajikan sebuah tempat berupa taman rekreasi berguru yang diisi oleh kebun hewan mini dan informasi mengenai pemeliharaan lingkungan. Eco Green Park juga mempunyai banyak sekali wahana menarik lainnya, ibarat Geology Science Center, Walking Bird, Animal Farm, Duck Kingdom, World Parrots, Dome Multimedia, Eco Science Center, Pasar Burung dan Insectarium. Tidak ketinggalan, di sini Anda sanggup mendengarkan alunan musik yang dihasilkan dari air di wahana Music Plaza.

    Harga tiket masuk ke Eco Green Park (EGP) yang berlaku mulai tanggal 16 Februari 2015, untuk weekday (Senin-Kamis) 40.000 rupiah/orang, dan untuk selesai pekan (Jumat-Minggu) 60.000 rupiah/orang. Kemudian Untuk bawah umur yang tinggi badannya dibawah 85cm tiket GRATIS (diatas 85cm tiket penuh). Untuk rombongan setiap 30 free 1 tiket (30+1) dan berlaku kelipatanya. Untuk harga tiket masuk, lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resmi Jatimpark Gruop.

  5. Museum Angkut
  6. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Museum Angkut
    Di dalam Museum Angkut, Anda sanggup mencari informasi perihal sejarah dan perkembangan transportasi di dunia dengan cara yang cukup menyenangkan. Pada tempat wisata ini, terdapat banyak sekali jenis koleksi kendaraan, mulai dari jenis transportasi tradisional hingga modern, mulai dari sepeda onthel, delman, kendaraan beroda empat listrik hingga kendaraan beroda empat balap F1.

    Museum Angkut plus movie star studio, di tempat ini terbagi menjadi beberapa zona, diantaranya Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Gudang Batavia, Zona Gangster Town & Broadway Street, Zona Hollywood, Zona Pasar Apung, Zona Las Vegas, dan masih ada beberapa zona lainnya yang pastinya menyajikan keunikan dan ke khasan setiap zona menurut nama zonanya.

    Harga tiket masuk ke Museum Angkut untuk hari biasa (Senin–Kamis) 60.000 rupiah/orang, dan untuk selesai pekan (Jumat-Minggu) liburan dan tanggal merah 80.000 rupiah/orang. Untuk paket rombongan, minimal pembelian 30 tiket mendapat bonus 1 tiket.

  7. Batu Night Spectacular
  8. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    BNS (Batu Night Spectacular)
    Sesuai dengan namanya, Batu Night Spectacular (BNS), tempat ini akan terlihat spektakuler bila dikunjungi pada malam hari. Di tempat ini, Anda sanggup menjumpai sebuah tempat yang suasananya ibarat dengan pasar malam apalagi dengan ditambah komedi putar dengan kuda-kuda buatan yang sanggup Anda naiki.

    Ada puluhan wahana yang tidak akan sanggup Anda lupakan sesudah menikmatinya, ibarat galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini anda juga sanggup menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana ibarat drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Di tempat ini pula Anda sanggup menyaksikan cantiknya lampion dengan banyak sekali warna dan bentuk ketika malam tiba.

    Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk bawah umur ibarat kids zone yang terdiri dari 25 macam. Selain banyak sekali wahana menarik, keunikan BNS juga didukung letaknya yang sangat strategis di dataran tinggi. Dari obyek wisata malam ini, Anda sanggup menikmati pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di tempat Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana malam Anda.

    Harga tiket masuk untuk hari biasa (Senin – Kamis) 20.000 rupiah/orang, dan untuk selesai pekan (Jumat-Minggu) liburan dan tanggal merah 30.000 rupiah/orang.

  9. Alun-alun Kota Batu
  10. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Alun-Alun Kota Batu
    Nah, jikalau Anda mencari tempat wisata yang murah meriah, kurang lengkap rasanya jikalau Anda tidak mengunjungi alun-alun Kota Batu. Lokasi Alun-Alun Kota Batu Malang ini menjadi titik central tempat hiburan bagi masyarakat Kota Batu. Lampu-lampu hias serta air mancur yang ada di sekitar taman alun-alun menunjukkan nuansa keindahan tersendiri bagi pengunjungnya.

    Anda sanggup menemui banyak sekali macam wahana yang ada, salah satu wahana yang populer di alun-alun Kota Batu yaitu Ferris Wheelnya atau mungkin lebih dekat ditelinga kita dengan sebutan Bianglala. Ferris Wheel atau bianglala ini mempunyai 17 kabin yang berputar dan mempunyai banyak sekali macam warna, ibarat merah, kuning, dan hijau.

    Di dalam bianglala, kita sanggup menikmati pemandangan Kota Batu yang indah ketika bianglala berada di atas. Selain itu, bagi Anda yang gemar berfoto, Anda juga sanggup mengabadikan gambar Anda di dalam bianglala dengan latar belakang Kota Batu yang indah, apalagi bila dilihat ketika malam hari.

    Wahana lainnya yang sanggup dinikmati di Alun-alun Batu yaitu taman bermain anak. Wahana ini memang dikhisuskan hanya untuk anak-anak, jadi hanya bawah umur saja yang sanggup menikmatinya, dan orang bau tanah sanggup melihat dan mengawasi bawah umur mereka bermain disekitar taman bermain.

    Di sekitar alun-alun, kita sanggup menemui banyak sekali macam wisata kuliner, ibarat ceker setan, ketan legenda, dan juga banyak sekali macam jajanan lainnya. Di sebelah utara, ada sebuah bangunan berbentuk buah strawbary dan apel yang besar. Untuk Strawbary yang berwana merah merupakan tempat untuk kita mendapat informasi perihal acara yang ada di Kota Batu, dan untuk yang berbentuk apel itu yaitu toilet umum yang disediakan di lokasi untuk para pengunjung, jadi jangan hingga tertukar ya.

  11. Pantai Sipelot
  12. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Pantai Sipelot
    Di Malang ada banyak pantai populer dan belum populer yang wajib untuk Anda nikmati keindahannya. Salah satu pantai yang masih virgin yaitu Pantai Sipelot. Secara administratif, lokasi tempat wisata Pantai Sipelot masuk wilayah Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    Konon nama orisinil pantai ini yaitu Spelot yang berasal dari bahasa Belanda yang artinya persinggahan. Menurut sejarahnya, pada zaman dahulu pantai ini memang menjadi tempat persinggahan paling nyaman bagi Belanda.

    Untuk hingga ke pantai tersebut, jikalau Anda dari Kota Malang, Anda sanggup menuju Kecamatan Dampit kemudian menuju ke arah Kecamatan Tirtoyudo. Setelah memasuki Kecamatan Tirtoyudo terdapat petunjuk arah untuk berbelok ke kanan menuju Pantai Sipelot dan lurus ke arah tenggara hingga Desa Pujiharjo.

    Kondisi jalan menuju Pantai Sipelot sudah mulus beraspal, tetapi Anda tetap harus berhati-hati alasannya yaitu jalannya sempit dan berkelok-kelok hingga ke area pantainya. Sekitar 10 km dari pantai, beberapa ruas jalan agak berlubang dan terkadang terdapat sebaran pasir di jalan yang akan dilalui.

    Pantai Sipelot mempunyai karakteristik dengan pasir berwarna putih kecoklatan dan maritim berwarna biru jernih. Hal ini menjadi magnet berpengaruh yang dimiliki oleh Pantai Sipelot, sehingga banyak pengunjung yang mendatanginya. Sayangnya Anda tidak sanggup berenang di pantai tersebut, alasannya yaitu ombaknya tinggi, sehingga cukup berbahaya jikalau Anda melakukannya.

    Akan tetapi, meskipun Anda tidak sanggup berenang di PAntai Sipelot, nilai plus lainnya yang dimiliki pantai ini yaitu dengan adanya Coban Sipelot, yaitu gerojokan yang tingginya kurang lebih sekitar 10 meter. Air terjun ini cukup deras dan sanggup dilihat dengan terang dari bibir pantai, namun susukan menuju gerojokan ini cukup terjal dan sulit dilalui.

  13. Pantai Balekambang
  14. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Pantai Balekambang
    Pantai Balekambang yaitu sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia. Secara administratif tempat Balekambang masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sekilas pantai ini sama ibarat Tanah Lot di Bali, alasannya yaitu mempunyai pura di atas pulau karang.

    Perbedaannya yaitu pura di Balekambang berukuran lebih kecil dan memang sengaja dibangun pada tahun 1985 oleh bupati Malang mengikuti desain Pura yang berada di Tanah Lot, Bali. Pura yang ada di tempat wisata Balekambang dihubungkan dengan jembatan beton sepanjang 100 meter, dan hal ini terlihat bagus terutama jikalau dilihat pada ketika senja tiba.

    Pantai Balekambang selain sebagai tempat wisata alam, juga sanggup disebut sebagai tempat wisata religi. Pada hari-hari tertentu, ribuan pengunjung tiba ke pantai ini untuk melaksanakan ritual. Bagi umat Islam, mereka menjalani ritual dengan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil, yang merupakan orang pertama yang membabat Pantai Balekambang.

    Selain umat Islam, umat Hindu pun mengakibatkan pantai ini sebagai tempat ibadah utama setiap setahun sekali. Tepatnya pada hari raya Nyepi, lokasinya di Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo.

  15. Pulau Sempu
  16. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Pulau Sempu
    Pulau Sempu yaitu sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Secara administratif, Pulau Sempu berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tempat wisata alam Pulau Sempu merupakan tempat cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah kota. Pulau Sempu mempunyai banyak sekali jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau.

    Yang paling menarik di sini yaitu Segara Anakan yang merupakan sebuah danau di tengah pulau dengan luas 4 hektar. Segara Anakan yaitu pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi oleh tebing. Jika dilihat, sekilas Segara Anakan ini ibarat dengan Pantai Phuket yang ada di Thailand.

    Pada hakikatnya Pulau Sempu merupakan Cagar Alam yang wajib dijaga kelestariannya. Makara jikalau Anda ke Pulau Sempu, tolong tetap jaga kebersihan dan kelestarian tempat tersebut.

  17. Alun-Alun Kota Malang
  18. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Alun-Alun Kota Malang
    Sesuai dengan namanya, alun-alun Kota Malang berada tepat di tengah Kota Malang dan merupakan tempat wisata murah di Malang yang juga tempat yang sayang untuk dilewatkan jikalau Anda sedang mengunjungi Kota ini. Di tempat tersebut , Anda sanggup bersantai sambil menikmati puluhan burung merpati yang berterbangan di sekitar alun-alun Kota Malang.

    Selain sanggup melihat burung merpati yang berterbangan, Anda juga sanggup melihat air mancur jernih yang berada tepat di tengah alun-alun. Air mancur tersebut delengkapi dengan penataan dan permainan cahaya yang tentunya semakin mempercantik air mancur jikalau dilihat ketika malam hari. Selain air mancur, Anda juga sanggup menikmati intrenet gratis yang disediakan oleh PT Telkom.

    Tak jauh dari alun-alun terdapat Masjid Agung Jami' yang sekarang ada penambahan shof di area barat Alun-Alun Malang, yang diberikan garis shof berwarna merah di antara rerumputan yang hijau. Jika Anda ingin mencicipi sensasi sholat di atas permadani rumput yang empuk, maka sholatlah di sini ketika Idul Fitri nanti.

    Karena letaknya tepat di tengah kota, maka Anda akan dengan gampang menjumpai akomodasi yang memudahkan Anda, ibarat Loket BRI, Toilet, dan sentra berbelanjaan alun-alun mall Ramayana yang terletak di Pojok Timur Utara.

  19. Toko Oen
  20. Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan 10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
    Toko Oen
    Toko Oen yaitu tempat wisata masakan yang berupa toko es krim yang sudah beroperasi semenjak tahun 1930. Cerminan tuanya usia Toko Oen ini nampak sekali pada desain arsitektur bangunannya yang khas Belanda serta pajangan foto hitam putih suasana Kota Malang di masa lampau. Furnitur ibarat dingklik rotan rendah yang ditata mengelilingi meja bulat juga nampak sangat khas tempoe doeloe.

    Sejak dulu, Toko Oen ini sudah dikenal dengan ice creamnya. Varian rasa es krim ibarat Tutti Fruity Cassata yang terbuat dari buah-buahan, kemudian Sparkling Delight yakni es krim buah cocktail yang disajikan dengan kembang api menyala, kemudian Morkus yakni es krim dengan cita rasa kopi, dan masih banyak lagi lainnya. Semua varian es krim tersebut sanggup Anda nikmati dengan membayar sekitar Rp. 20.000 atau lebih (harga sanggup berubah).

    Menu andalan Toko Oen yang lain sepeti banyak sekali jenis es tradisional dan kuliner pun juga ada. Aneka es tradisional yang sanggup Anda pesan di Toko Oen ibarat es sirop, es kolang-kaling, es dawet selasih atau es campur. Tak hanya itu, Toko Oen juga menyuguhkan varian hidangan kuliner dari steak, cake & tart, nasi goreng, chicken salad hingga aneka camilan manis kering khas tempoe doeloe.
Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Kota Batu dan Kota Malang yang sanggup Anda kunjungi dan sayang untuk dilewatkan, ibarat Kebun Teh Wonosari, Museum Malang Tempo Doeloe, Museum Brawijaya, Agro Tawon Rimba Raya, D’Topeng Museum, Pantai Ngeliyep, Sumber Air Krabyakan, Museum Kesehatan Jiwa, Air Terjun Sumber Pitu, Omah kayu, Inggil Museum Resto, Coban Rondo, Coban Talun, Coban Pelangi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Batu dan Malang yang sayang untuk dilewatkan versi tempatwisata.net, semoga bermanfaat dan sanggup menambah informasi dan rujukan untuk Anda yang sedang atau merencanakan liburan ke Kota Malang dan Kota Batu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kawasan Wisata Di Watu Dan Malang Yang Sayang Dilewatkan"

Post a Comment