Pura Tanah Lot Bali


Tanah Lot ialah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas watu besar. Satu terletak di atas bongkahan watu dan satunya terletak di atas tebing menyerupai dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bab dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura bahari kawasan pemujaan dewa-dewa penjaga laut.


Legenda
Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia ialah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan anutan Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada kurun ke-16. Pada ketika itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap dia alasannya para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot dia dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada hingga kini dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular bahari yang memiliki ciri-ciri berekor pipih menyerupai ikan, warna hitam berbelang kuning dan memiliki racun 3 kali lebih besar lengan berkuasa dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha.


Hari Raya
Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama menyerupai akal-akalan yang lain. Jatuhnya bersahabat dengan perayaan Galungan dan yaitu tepatnya pada KuninganHari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai bersembahyang di Pura Ini.


Lokasi
Obyek wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk menyerupai jembatan (melengkung). Tanah Lot populer sebagai kawasan yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.


Fasilitas
Dari kawasan parkir menuju ke area pura banyak dijumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Juga tersedia toilet higienis yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.
 



sumber: http://yogie5296.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pura Tanah Lot Bali"

Post a Comment