Kaliurang, Tempat Wisata Komplit Di Kaki Gunung Merapi

Kaliurang, Daerah Wisata Komplit di Kaki Gunung Merapi

aneka macam kendaraan umum menyerupai bus, taksi, ojek yang sanggup dipakai wisatawan untuk menuju daerah ini.


Daerah ini terletak pada kaki Gunung Merapi dan berada pada ketinggian sekitar 875 meter dari permukaan laut. Letaknya yang berada di dataran tinggi menciptakan suasana di Kaliurang sangat sejuk layaknya di puncak. Selain itu, wisatawan akan dimanjakan dengan lengkapnya aneka macam villa dan resort yang sanggup disewa dengan harga bervariatif.

Sejarah Kaliurang

Terdapat sebuah dongeng yang mengawali daerah Kaliurang menjadi daerah wisata menyerupai sekarang. Pada sekitar awal era 19, sejumlah andal geologi dari Belanda yang kala itu tinggal di Jogja tengah mencari tempat tinggal untuk anggota keluarganya.

Merekapun kesannya mencari tempat dan menyusuri tiap jengkal daerah di Jogja sampai kesannya datang di daerah Kaliurang. Setibanya di daerah kaki Gunung Merapi ini, mereka terpikat dengan pesona alam serta kesejukkan udara yang dimiliki daerah ini. Hingga kesannya diputuskanlah mereka akan menimbulkan daerah ini sebagai tempat tinggal keluarganya.

Mulailah dibangun beberapa villa dan resort di aneka macam tempat. Sehingga tak absurd kalau kini dijumpai bangunan-bangunan dengan aksitektur bergaya Belanda. Bangunan-bangunan tersebut sampai ketika ini masih dilestarikan dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini.

Kaliurang, Daerah Wisata Komplit di Kaki Gunung Merapi

Tempat ini juga merupakan bab dari sejarah Indonesia, ketika pada tanggal 13 Januari 1948 diadakan sebuah negosiasi di Kaliurang antara Republik Indonesia dan Komisi Tiga Negara (KTN). KTN sendiri diwaliki oleh tiga negara adalah Belgia, Australia dan Amerika Serikat yang bertugas sebagai penengah konflik antaran Indonesia dan Belanda.


Perundingan tersebut terjadi di Wisma Kaliurang yang sampai kini bangunannya masih sanggup dinikmati. Perundingan ini menghasilkan sebuah komitmen yang juga dikenal dengan Notulen Kaliurang. Asal ajakan dari penamaan daerah tersebut berasal dari ditemukannya sebuah sungai yang dipenuhi dengan udang. Sungai dalam bahasa jawa sanggup diartikan dengan kali, sedangkan urang sanggup juga artikan udang.

Pesona Wisata Kaliurang

Kaliurang telah dikenal mempunyai keindahan panorama alam yang mempesona. Setibanya di daerah dataran tinggi ini, wisatawan akan disambut dengan hawa sejuk, udara segar serta cuek yang terkadang menusuk ke tulang. Tempat ini memang sangat cocok dipakai untuk mengisi waktu berlibur.

Dari daerah Kaliurang akan tersaji pemandangan megahnya Gunung Merapi yang berdiri kokoh dari kejauhan. Akan nampak panorama keindahan gunung yang luar biasa, kurang jelas tertutup oleh awan biru seakan menambah keelokan gunung penuh misteri tersebut.

Sumber : http://www.tempat.co.id/wisata/kaliurang.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kaliurang, Tempat Wisata Komplit Di Kaki Gunung Merapi"

Post a Comment