Objek Wisata Museum Tsunami Aceh


Objek Wisata Museum Tsunami Aceh - Museum Tsunami Aceh merupakan sebuah museum yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk peristiwa gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004 sekaligus sentra pendidikan dan daerah kontribusi darurat bila tsunami terjadi lagi.

Desain Museum Tsunami Aceh dirancang oleh arsitek asal Indonesia, Ridwan Kamil. Museum ini merupakan sebuah struktur empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Di dalam Museum Tsunami Aceh ini pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air yang tinggi.

Untuk membuat kembali suasana dan kepanikan dikala tsunami, dinding pada museum Tsunami Aceh ini dihiasi gambar orang-orang menari Saman, sebuah makna simbolis terhadap kekuatan, disiplin, dan iman religius suku Aceh. Dari atas, atapnya membentuk gelombang laut. Lantai dasarnya dirancang seolah-olah rumah panggung tradisional Aceh yang selamat dari terjangan tsunami.

Bangunan Museum Tsunami ini memperingati para korban, yang namanya dicantumkan di dinding salah satu ruang terdalam museum, dan warga masyarakat yang selamat dari peristiwa ini.

Selain kiprahnya sebagai tugu peringatan bagi korban tewas, museum ini juga berkhasiat sebagai daerah kontribusi dari peristiwa semacam ini di masa depan, termasuk "bukit pengungsian" bagi pengunjung kalau tsunami terjadi lagi

Pameran di Museum Stunami Aceh ini mencakup simulasi elektronik gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004, serta foto korban dan dongeng yang disampaikan korban selamat. .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata Museum Tsunami Aceh"

Post a Comment