Pesona Keindahan Penderasan Grojogan Sewu




Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu gerojokan dan juga bab dari hutan Wisata Grojogan Sewu yang terletak di lereng gunung lawu sekitar 27 km sebelah timur dari Kota Karanganyar, Jawa Tengah. Grojogan Sewu Tawangmangu mengatakan keindahan alam yang begitu mempesona dengan curahan air terjunnya yang tidak berpusat pada satu titik tapi menyebar ke aneka macam penjuru.

Grojogan Sewu berarti gerojokan seribu. Meski gerojokan di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik gerojokan yang sanggup dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang dipakai dikala itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 80 meter. Ada pula gerojokan yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang animo hujan, sekeliling tebing akan dihujani air terjun, tetapi dikala animo panas, banyak gerojokan yang kering.

Hutan Wisata Grojogan Sewu mempunyai luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi aneka macam jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok simpanse jinak. Beberapa akomodasi dari hutan wisata ini ialah Taman Binatang Hutan, bak renang, daerah istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK.

Akses Objek Wisata Grojogan Sewu

Jika anda memakai kendaraan umum, anda bias naik bus dari terminal Tirtonadi, Solo dengan rute Solo-Karanganyar-Karangpandan-Tawangmangu. Sesampainya di terminal Tawangmangu, anda akan berjalan ke lokasi Grojogan Sewu sekitar 1 kilometer. Atau bila tidak mau capek, anda bias naik kendraan umum yang siap mengantar ke Lokasi Wisata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Keindahan Penderasan Grojogan Sewu"

Post a Comment