12 Kawasan Wisata Di Dieng Yang Paling Menarik

12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik, - Dataran Tinggi Dieng atau Dieng plateau merupakan sebuah tempat pegunungan yang terdapat di Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng secara administratif masuk dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Di Kawasan Dieng terdapat aneka macam macam fennomena alam yang absurd dan unik serta pemandangan yang indah sehingga banyak menarik para wisatawan untuk mengunjungi aneka macam macam Wisata Dieng yang ada. Menurut sumber dari wikipedia, Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah tempat vulkanik aktif dan sanggup dikatakan sebagai gunung api raksasa yang mempunyai beberapa puncak dan kepunden kawah. Hal ini mengakibatkan di tempat Dieng plateau terdapat aneka macam macam fenomena alam vulkanis yang sangat menarik untuk dipelajari.

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah dan unik, Kawasan Dataran Tinggi Dieng  juga terkenal dengan hasil pertanian dan agrowisata yang menarik. Tempat Wisata Dieng berupa Dataran tinggi Dieng terkenal dengan penghasil kentang di jawa Tengah. Kentang hasil dari tempat Dieng ini telah dinikmati di aneka macam wilayah di Indonesia. Selain itu di Dieng juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng dan Carica yang sudah terkenal di mana saja. Sebagai pengingat, Purwaceng merupakan flora semacam semak yang dijadikan sebagai obat herbal yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sedangkan Carica merupakan tumbuhan endemis di Dieng yang buahnya mirip pepaya, namun mempunyai tekstur yang lebih kenyal, sehingga sangat yummy jia dijadikan sebagai manisan dan materi adonan minuman.

12 Wisata Dieng Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi


Oke eksklusif saja dalam artikel ini kami akan membahas ihwal 12 obyek wisata yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng. Wisata Dieng yang akan kami bahas disini merupakan adonan dari wisata yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Memang wisata di Kawasan Dieng ini ada yang dikelola oleh Pemkab Wonosobo dan Banjarnegara, namun intinya secara umum wisata di Dieng ini tidak sanggup dipisahkan, alasannya yaitu menjadi satu kesatuan yaitu Kawasan Wiata Dieng plateau. Berikut yaitu 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik untuk dikunjungi.

1. Bukit Sikunir Dieng

 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik
Tempat Wisata di Dieng Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan sebuah bukit yang mempunyai panorama berupa sunrise yang indah. Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu wisata andalan di Dieng plateau. Untuk waktu terbaik menikmati sunrise yaitu sekitar pada Bulan Juli-agustus dimana pada bulan itu merupakan animo kemarau sehingga langit akan tampak higienis dan tidak ada hujan. Namun alasannya yaitu pemandangan yang dinikmati yaitu matahari terbit atau sunrise, anda harus tiba ke spot pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini pada waktu fajar atau pagi buta. Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay atau hotel yang banyak terdapat di seputaran Kawasan Dieng plateau.

2. Telaga Warna Dieng


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Tujuan wisata di Dieng lain yang tak kalah indah di Kawasan Dieng yaitu Telaga warna. Telaga Warna di Dieng plateau ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng mempunyai keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia. Keunikan telaga Warna Dieng ini yaitu terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini kaena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menjadikan warna yang lain.

3. Telaga Pengilon


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi Obyek wisata di Dieng Telaga warna tetapi tidak berkunjung ke Telaga Pengilon. telaga Pengilon merupakan telaga yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, wisata Dieng Telaga Pangilon ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon mempunyai warna air yang jernih dan tidak mempunyai warna mirip pada Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi niscaya akan bahagia dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

4. Telaga Merdada


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Keindahan Kawasan Dieng Jawa Tengah memang tak tertandingi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata alam di Dieng yang siap dinikmati oleh pengunjung dari aneka macam daerah. Wisata alam yang terdapat di Dieng salah satunya yaitu berupa telaga. Ada satu telaga merupakan telaga terluas di Kawasan Dieng, yaitu Telaga Merdada. Telaga Merdada terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata di Dieng berupa Telaga ini jikalau dilihat dari bentuknya mirip kaldera bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang dengan air. Kontur ini akan terlihat terperinci apabila dilihat dari ketinggian.

5. Kawah Sikidang


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Seperti telah dijelasakan di awal artikel bahwa Kawasan Wisata Dieng ini bekerjsama yaitu gunung api raksasa yang masih terdapat acara vulkanik didalamnya. Salah satu tanda dari acara vulkanik ini yaitu terdapatnya beberapa kawah yang terdapat di tempat Dieng. Salah satu kawah di dieng yaitu Kawah Sikidang. Kawah ini mempunyai luas sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung sanggup dengan terperinci melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Namun hati-hati ya, alasannya yaitu sama mirip kawah pada umumnya, di Kawah Sikidang ini juga mengandung kadar sulfur yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola sudah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah, meskipun hanya memakai kayu.

6. Pendakian Gunung Prau


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Nah kalau Wisata Dieng Pendakian Gunung Prau ini merupakan sebuah wisata yang dikhususkan bagi anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam. Sama mirip pendakian lainnya untuk mendaki Gunung prau diharapkan persiapan yang lebih matang terutama kesiapan fisik dari pendaki itu sendiri. Pendakian Gunung Prau memang tidak sepopuler pendakian gunung di sekitarnya mirip Sindoro, Sumbing, Merapi dll, namun Gunung Prau ini mempunyai keistimewaan tersendiri dan mempunyai pemandangan yang tak kalah indah. Jalaur pendakian sanggup ditempuh dari Kendal ataupun dari Kawasan Dieng. Ketinggian puncak Gunung Prau yaitu 2.565 mdpl, tidak mengecewakan pendek dibanding dengan gunung lainnya. Salah satu spot di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal yaitu bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput yang hijau mirip setting serial anak anak teletubbies di televisi.

7. Candi Arjuna


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Selain dikenal dengan wisata alamnya yang indah, Kawasan dieng plateau juga terdapat wisata budaya berupa candi. Candi yang terdapat di Dieng yaitu Candi Arjuna. Sebenarnya di lokasi ini tidak hanya Candi arjuna saja, namun juga terdapat candi lainnya mirip Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang dulu pernah ditemukan di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan Candi arjuna dibangun pada awal era IX M. Tempat wisata Dieng Candi Arjuna ini selain menyampaikan pemandangan berupa candi yang eksotis juga pemandangan alam yang sangat elok apalagi bagi penikmat fotografi.

8. Dieng Plateau Theater


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Obyek Wisata Dieng Plateau Theater merupakan salah satu wujud seriusnya pengelola Kawasan Dieng mengembangkannya menjadi tujuan wisata favorite di jawa Tengah. Dieng Plateau Theater merupakan sebuah bangunan yang cukup megah di Kawasan Dieng dimana di tempat ini dijadikan sebagai tempat penayangan film dokumenter ihwal Dieng Plateau. Dieng Plateau Theater mempunyai kapasitas 60 tempat duduk. Film dokumenter yang ditayangkan yaitu berjudul Bumi Kahyangan dieng Plateau dengan durasi 20 menit. Bagaimana, tertarik. Memang tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Wisata Dieng namun tidak mengunjungi Dieng Plateau Theater.

9. Gardu pandang Tieng


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Tempat Wisata Gardu pandang Tieng merupakan sebuah bangunan yang terletak di tepi jalan raya di Kawasan Dieng. Bangunan ini dijadikan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan di Kawasan Dieng yang sangat indah. Pemandangan dari spot ini sangat menarik terutama pada ketika pagi hari yaitu pada waktu matahari terbit/sunrise. Gardu Pandang di Dieng ini mempunyai ketinggian sekitar 1700 dpl. Dari tempat ini anda sanggup melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, serta hamparan lahan pertanian milik masyarakat yang terlihat subur.

10. Batu Ratapan Angin


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Tempat Wisata Batu Ratapan Angin Dieng merupakan sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna tempat Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu favorite pengunjung wisata Dieng alasannya yaitu dari tempat ini anda sanggup melihat Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Bisa terbayang kan melihat dua buah telaga dari ketinggian, niscaya elok sekali keindahan alam disini. Namun alasannya yaitu letaknya agak tinggi, butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun sesudah hingga di atas, akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di Batu Ratapan angin ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

11. Telaga Cebong Dieng


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Selain Telaga Warna, destinasi wisata di tempat dieng yang lain yaitu Telaga Cebong. Telaga ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi di jawa Tengah. Makara biasanya para wisatawan sesudah menikmati sunrise di puncak Sikunir, pulangnya mampir ke Telaga Cebong ini, alasannya yaitu letaknya tidak jauh dari Sikunir. Disini anda sanggup menikmati keindahan alam berupa telaga alam yang disekitarnya terdapat lahan-lahan pertanian miliki penduduk sehingga menambah keindahan Telaga Cebong ini. Dengan letaknya yang diatas 2300 m dpl, maka banyak yang menyampaikan bahwa Telaga Cebong ini merupakan telaga diatas awan.

12. Sumur Jalatunda


 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik

Sumur Jalatunda di Dieng merupakan salah satu fenomena alam yang sangat menarik untuk dipelajari. Sumur Jalatunda di Dieng ini mempunyai diameter 90 meter dimana berdasarkan para hebat sumur ini terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Bekas letusan ini kemudian membentuk lubang kawah mirip sumur. Lambat laun lubang ini terisi dengan air hingga ketika ini dan merupakan salah satu wisata Dieng yang sangat potensial. Sumur ini memang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan alasannya yaitu lokasi dari Sumur Jalatunda sendiri aagak tersembunyi. Untuk mendatangi Sumur Jalatunda pengunjung harus mendaki anak tangga sejumlah 257 buah terlebih dahulu.

Demikian tadi seikit gosip ihwal 12 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik. Selain wisata alamnya yang terkenal, jikalau anda berkunjung ke Dieng jangan lupa menikmati kuliner khas Kabupaten Wonosobo. Ada banyak kuliner Wonosobo yang nikmat, salah satunya yaitu Mi Ongklok dan Sate Sapi. Makanan khas Wonosobo ini banyak dijual di warung-warung makan di sudut Kota Wonosobo Jawa Tengah. Jangan lupa baa juga Informasi ihwal 12 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Menarik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Kawasan Wisata Di Dieng Yang Paling Menarik"

Post a Comment