Danau Kaolin Belitung - Sebuah Danau Kawah Putih Yang Mempesona

 Danau Kaolin ialah danau yang terbentuk dari lubang besar bekas tambang kaolin Danau Kaolin Belitung - Sebuah Danau Kawah Putih yang Mempesona
Danau Kaolin - Danau Kaolin ialah danau yang terbentuk dari lubang besar bekas tambang kaolin. Kaolin merupakan mineral yang biasanya dipakai sebagai salah satu materi kosmetik ataupun pasta gigi. Aktifitas tambang ini membentuk lubang-lubang galian dan juga timbunan yang menumpuk, kemudian dibiarkan begitu saja tanpa adanya rehabilitasi kembali. Dengan aneka macam kerusakan alam yang diakibatkan oleh acara penambangan, lambat laun lubang bekas tambang ini terisi air sehingga membentuk sebuah danau.

Air Danau Kaolin Belitung mempunyai warna biru toska dengan dinding-dinding bukit berwarna putih di sekelilingnya. Danau Kaolin terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Belitung. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Tanjung Pandan, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sanggup mencapai lokasi danau ini. Letaknya yang berada di pinggir jalan, menciptakan danau ini sanggup dengan gampang dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati keindahannya.

Danau Kaolin mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona. Timbunan bekas galian terlihat menyerupai bukit-bukit yang berwarna putih bersih. Warna putih ini menciptakan Danau Kaolin tampak menyerupai mirip danau kawah putih yang ada di Ciwidey. Namun bedanya, kalau Danau Ciwidey mengandung mineral welirang dan berbau menyengat, maka Danau kaolin yang berasal dari kandungan kaolin tidak berbau menyengat.

Airnya juga bisa dikatakan aman, alasannya ialah banyak warga yang memakai air dari danau ini untuk mandi dan mencuci. Anak-anak yang tinggal di sekitar lokasi danau pun sering memakai danau ini untuk berenang. Apalagi warga percaya kalau kandungan yang terdapat dalam air Danau Kaolin sanggup menciptakan kulit menjadi lebih halus dan lembut. Walaupun di salah satu danau ada papan larangan untuk berenang alasannya ialah lantaran danau tersebut mempunyai kedalaman yang tidak mengecewakan dalam.

 Danau Kaolin ialah danau yang terbentuk dari lubang besar bekas tambang kaolin Danau Kaolin Belitung - Sebuah Danau Kawah Putih yang Mempesona

Keindahan Danau Kaolin bisa memanjakan mata yang memandang. Warna air yang biru, daratan yang putih, ditambah dengan warna hijau dari pepohonan yang tumbuh disekitarnya, menjadikan danau ini mempunyai pemandangan yang sangat mempesona. Tak salah kalau kawasan ini biasa dipakai sebagai lokasi foto prewedding ataupun program lainnya.

 Danau Kaolin ialah danau yang terbentuk dari lubang besar bekas tambang kaolin Danau Kaolin Belitung - Sebuah Danau Kawah Putih yang Mempesona

Bagi Anda yang suka dengan fotografi, kawasan ini pun sangat cocok dijadikan kawasan menyalurkan hobi. Dari kejauhan, tumpukan bekas galian yang ada di Danau Kaolin ini tampak menyerupai gunung Bromo di Jawa Timur, lengkap dengan pasirnya. Hanya saja warna gunung dan pasirnya ialah putih.

Namun, di balik keindahan yang tersimpan di Danau Kaolin Belitung, penambangan terbuka terus saja dilakukan. Alat-alat berat masih bekerja dan beroperasi sehingga menjadikan kerusakan yang lebih banyak. Kerusakan alam yang diakibatkan oleh penambangan ialah hal yang sangat merugikan.

Sudah seharusnya pemerintah berupaya menghentikan aktifitas penambangan ditempat ini dan mengolahnya menjadi lokasi wisata resmi. Rehabilitasi Danau Kaolin sudah sepatutnya dilakukan, sehingga kelestarian alam sekitarnya akan selalu terjaga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danau Kaolin Belitung - Sebuah Danau Kawah Putih Yang Mempesona"

Post a Comment