Objek Wisata Penderasan Cunca Wulang Flores Yang Tersembunyi

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang yang Tersembunyi Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores yang Tersembunyi
Air Terjun Cunca Wulang - Flores memang penuh dengan pemandangan alam yang sangat memikat. Mulai dari keindahan alam di daratannya hingga alam bawah lautnya. Maka tak heran jikalau Flores merupakan salah satu destinasi wisata bagi masyarakat Indonesia bahkan bagi warga negara asing.

Salah satu tempat di Flores yang populer dengan keindahannya yakni Labuan Bajo. Labuan Bajo yakni sebuah pelabuhan yang merupakan pintu gerbang untuk menuju Taman Nasional Komodo dan juga keindahan alam Flores lainnya.

Salah satu keindahan alam yang terdapat di Labuan Bajo yakni objek wisata jeram Cunca Wulang. Dinamakan Cunca Wulang sebab lokasi jeram ini terdapat di Desa Cunca Wulang, Kec. Mbeilling, Kab. Manggarai Barat, NTT. Bila diartikan kedalam bahasa Indonesia, Cunca dan Wulang sendiri berarti jeram dan Bulan.

Dari ibu kota Manggarai Barat, Labuan Bajo, lokasi jeram ini berjarak sekitar 30 Km dan sanggup ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan. Anda sanggup memakai kendaraan langsung ataupun kendaraan yang banyak disewakan di sekitar penginapan di Labuan Bajo.

Air terjun Cunca Wulang sendiri terdapat di daerah hutan Mbeilling. Sebenarnya di daerah ini masih ada dua jeram lainnya, yang tentu saja mempunyai keindahan dan pesona masing-masing. Dua jeram lainnya yang sanggup Anda temukan di daerah hutan ini yakni jeram Cunca rami dan Cunca Lolos.

Setibanya di Desa Wersawe, yang merupakan pintu gerbang air Terjun Cunca Wulang, Anda sanggup mendaftar dan mengisi buku tamu serta menyewa jasa pemandu yang akan memperlihatkan kepada Anda jalan menuju air Terjun Cuca Wulang.

Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui hutan dan bebatuan, serta menyusuri semak-semak. Kira-kira Anda harus berjalan sejauh 1 jam perjalanan.

Walaupun medan perjalanannya sanggup dibilang tidak terlalu sulit, namun tetap saja sanggup menguras tenaga Anda. Setibanya di lokasi Cuca Wulang, perjalanan akan dilanjutkan dengan mendaki selama 10 menit untuk benar-benar hingga di air terjun.

Keindahan objek wisata jeram Cunca Wulang sanggup membius mata yang memandang. Sekilas, jeram ini terlihat menyerupai Grand Canyon versi kecil dengan fatwa sungainya berada diantara tebing bebatuan besar dan air terjunnya berada di atas batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan.

Karena jeram Cunca Wulang terletak di ketinggian 200 meter dpl, tentu saja air yang dialirkan begitu cuek dan sejuk. Di sungai fatwa jeram ini, Anda bukan hanya sanggup bermain-main air tetapi juga berenang, sebab kedalaman sungai ini tidaklah terlalu dalam.

Selain itu, Anda juga sanggup berkeliling dengan memanjat bebatuan, sebab bebatuan di sekitar jeram tidaklah tajam. Jika Anda mempunyai nyali yang cukup besar, Anda sanggup terjun dari atas watu ke sungai.

Tetapi tentu saja Anda harus menanyakan terlebih dahulu kepada pemandu apakah kondisi sungai sanggup dikatakan kondusif jikalau harus meloncat dari atas. Karena pada ketika animo kemarau, biasanya intensitas air cenderung berkurang.

Duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan jeram dari atas pun sanggup Anda lakukan. Berwisata ke tempat ini sungguh akan memperlihatkan Anda pengalaman yang luar biasa serta tidak dpat dilupakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata Penderasan Cunca Wulang Flores Yang Tersembunyi"

Post a Comment